Tempat Wisata di Jogja 2020 - Liburanmu di Jogja Belum Lengkap Kalo Belum Kesini!

Yogyakarta jadi salah satu satu kota di indonesia yang punya destinasi wisata paling populer selain bali, tentunya hal ini dikarenakan beragamnya destinasi wisata yang dimiliki jogja.

Saya yakin sobat juga salah satu yang sudah pernah berkunjung ke jogja, atau mungkin jogja bahkan bisa jadi tempat wisata favorit sobat jika sobat tinggal di Jawa Tengah.

Instagram @niapppp
Tempat wisata di jogja rasanya tidak akan habis ditelusuri meskipun selama sebulan penuh, karena memang begitu beragamnya daya tarik wisata yang ditawarkan di jogja.

Ditambah lagi hadirnya lokasi wisata baru yang ada di berbagai daerah di jogja yang bakal bikin sobat makin bimbang buat memilih tempat wisata mana yang terlebih dahulu mau dikunjungi ketika berlibur ke jogja.

Meskipun begitu, beberapa tempat wisata di jogja berikut ini tetap jadi idaman para wisatawan untuk dikunjungi karena berbagai alasan.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo


Tempat wisata di jogja pertama yang masih jadi idaman adalah gumuk pasir parangkusumo. disini, sobat bisa menikmati hamparan bukit pasir pantai yang cukup luas dengan pemandangan yang jarang sobat temui.

cewek sedang bermain pasir di gumuk pasir parangkusumo jogja
Instagram @masmeya
Sobat bakal dibawa berimajinasi seperti berada di gurun pasir di luar negeri.

Lokasinya berada di area wisata pantai parang tritis, jadi jika sobat sudah puas bermain disini, sobat bisa langsung berpindah ke pantai parang tritis.

Alamat : Jl. Pаntаі Pаrаngkuѕumо RT. 1, Grоgоl 10, Kretek, Pаrаngtrіtіѕ, Pantai, Pаrаngtrіtіѕ, Kес. Krеtеk, Bantul, Dаеrаh Iѕtіmеwа Yogyakarta 55772 

Tiket Masuk : Rp.5000/orang
Parkir motor : Rp.2000
Parkir Mobil : Rp.3.000

Beberapa hal yang bisa sobat lakukan disini diantaranya :

A. Bermain Sand Boarding

Seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu ketika menikmati liburan di jogja, Sobat bisa meluncur dari puncak gumuk pasir dengan papan seluncur yang disewakan di area gumuk pasir.

Sensasi meluncur dari bukit pasir cukup memacu adrenalin apalagi buat sobat yang baru pertama kali mencobanya, sobat harus bisa menyeimbangkan badan ketika meluncur agar tetap bisa berdiri sampai bawah.
seseorang sedang bermain sand boarding di gumuk pasir jogja
Instagram @ajisettiawann
Namun permainan ini cukup menguras tenaga, karena membutuhkan tenaga yang besar untuk berjalan menaiki gumuk pasir ketika sobat ingin meluncur lagi.

Agar bisa bermain sand boarding disini sobat bisa menyewa papan seluncurnya seharga Rp.75.000/sepuasnya. 

B. Menikmati Matahari Terbenam

Karena lokasinya berada dekat dengan pantai/laut, salah satu yang jadi daya tarik wisata tempat ini selain bukit pasirnya adalah suasananya ketika senja. 

Instagram @ajisettiawann
Disini sobat bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menurut saya cuup indah, ditemani dengan hembusan angin atau segelas kopi yang bisa menambah ketenangan suasana disana.

Gumuk pasir pun ramai ketika waktu menjelang sore hari karena udara sudah tidak terlalu terik.

C. Berswafoto

Selain menikmati tempat wisata, tujuan lain apalagi sih kalo bukan berswafoto demi eksistensi, haha

Mengabadikan setiap momen perjalanan atau liburan rasanya memang sudah tidak bisa dilepaskan dari diri kita saat ini.

Nah di gumuk pasir ini, terdapat beberapa spot foto yang yang instagramable seperti ayunan kayu di tengah padang pasir, pepohonan dan masih banyak lagi.

Pinter-pinter sobat aja cari tempat foto yang menarik dan hasilnya bakalan bagus dilihat.

2. Wisata Alam Kalibiru

Tempat wisata di jogja yang kedua adalah kalibiru. tempat ini terkenal dengan spot fotonya yang berada di atas ketinggian. 

Sobat bakal puas menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian, suasana tenang juga bisa sobat rasakana ketika berkunjung ke wisata alam kalibiru.

cewek sedang berfoto di rumah pohon
Instagram @tripindonesia_arthenistravel
Tersedia sekitar 10 wahana dan spot foto keren yang letaknya berada di ketinggian. untuk bisa berfoto di spot - spot tersebut, sobat harus menyediakan uang mulai dari Rp.10.000 s/d Rp.35.000.

Jadi, sobat bisa memilih spot mana yang kira-kira bagus buat sobat, atau bahkan mencoba semua spot foto dan wahana yang ada disana.

Spot foto yang paling banyak dipilih para wisatawan diantaranya gardu pandang/rumah pohon, sobat nggak usah khawatir meski lokasinya berada di ketinggian karena pengelola tempat wisata ini sangat memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.
Alamat: Jalan Waduk Sеrmо, Kоkар, Hаrgоwіlіѕ, Kаlіbіru, Hаrgоwіlіѕ, Kоkар, Kаbuраtеn Kulon Progo, Dаеrаh Iѕtіmеwа Yоgуаkаrtа 55653 
Jam buka: 06.30 s/d 17.00 WIB
Tiket Masuk:  Rp.5000/orang (weekday)
                       Rp.10.000/orang (weekend)

3. Taman Sari

Tempat wisata di jogja yang ketiga ini lokasinya berada di daerah yang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat kota. yap, taman sari.

cewek sedang berfoto di tempat wisata jogja
Instagram @rantink_
Lokasi teman sari berjarak sekitar 2 kilometer ke arah dari keraton Yogyakarta, karena aksesnya yang mudah dan tempatnya yang indah, tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Taman sari sendiri merupakan sebuah situs yang dulunya merupakan taman bekas kerajaan kesultanan yogyakarta.

Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah bangunan disana yang berarsitektur khas kerajaan zaman dahulu, di tempat ini juga terdapat kolam dan ornamen-ornamen unik yang menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat ini buka mulai pukul 09.00 s/d 15.30 WIB, berkunjung ke tempat ini akan membawa seperti berada di dalam istana kerajaan yang indah.

Alamat: Wіѕаtа Tаmаn Sari Jаlаn Tаmаnаn, Patehan, Kесаmаtаn Kraton, Kоtа Yоgуаkаrtа, Dаеrаh Iѕtіmеwа Yоgуаkаrtа 55133 
Tiket Masuk: Rp.5.000/orang (wisatawan domestik)
                      Rp.15.000/orang (wisatawan international)

4. Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata di jogja yang ke empat adalah kebun buah mangunan. sesuai namanya, sobat akan masuk ke area yang sebenarnya adalah kebun buah.

Terdapat berbagai macam pohon buah yang dikelola disana seperti duarian, jambu, mangga, jeruk dan beberapa buah lainnya.

cewek sedang tersenyum berfoto di tempat wisata yogyakarta
Instagram @masmeya
Namun, daya tarik utama tempat wisata ini bukanlah kebun buahnya. melainkan pemandangan dari ketinggian sekitar 200 meter diatas permukaan laut yang sangat indah.

Punya julukan negeri diatas awan, tempat wisata sungguh memberikan suguhan pemandangan yang begitu menkjubkan.

Gumpalan awan yang cukup luas dan letaknya lebih rendah dari posisi puncak tempat ini, membawa sobat merasakan indahnya negeri diatas awan.

Dua hal yang bisa sobat lakukan disini adalah menikmati indahnya pemandangan yang jarang sobat temui sekaligus berfoto mengabadikan suasana yang begitu indah.

Alamat: Jl. Imоgіrі - Dlіngо, Sukorame, Mаngunаn, Dlіngо, Bantul, Daerah Iѕtіmеwа Yogyakarta 55783 
Tiket Masuk: Rp.5.000/orang
Parkir: Rp.2000

Kebun buah mangunan buka mulai pukul 4.30 s/d 18.30 WIB. waktu terbaik datang kesini adalah ketika matahari terbit dan menjelang matahari terbenam.

5. Titik 0 Kilometer Jogja

Rekomendasi tempat wisata jogja yang terakhir adalah titik 0 kilometer jogja. tempat ini cocok buat sobat yang ingin menikmati suasana kota di jogja.

Lokasinya dekat dengan jalan malioboro, sehingga mudah sekali di akses baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun menaiki becak.

cewek sedang berfoto di empat wisata 0 kilometer jogja
Instagram @tsmitasoraya
Suasana seperti di eroba bisa sobat rasakan di tempat ini, beberapa bangunan berarsitektur eropa berdiri megah dan nampak kokokh di tempat ini.

Berfoto disini jadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke jogja.

Tidak jauh dari titik 0 kilometer juga terdapat benteng vredeburg yang sekarang juga dijadikan musium untuk dikunjungi wisatawan.

Jl. Pаngurаkаn No.1, Nguраѕаn, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Dаеrаh Istimewa Yogyakarta 55122 
Karena lokasinya merupakan jalanan umum, tempat ini buka 24 jam. di dekat sini juga terdapat banyak penginapan murah yang cocok buat tempat istirahat sobat selama berlibur.

Itulah beberapa tempat wisata di jogja yang wajib sobat kunjungi rekomendasi madanesia. Semoga informasi ini bermanfaat buat sobat yang berencana liburan ke jogja.

Terima kasih 

10 Responses to "Tempat Wisata di Jogja 2020 - Liburanmu di Jogja Belum Lengkap Kalo Belum Kesini!"

  1. Alhamdulillah, setelah 6 tahun di Jogja, udah beberapa kali main ke tempat2 tersebut. Lokasinya memang asyik kak, terutama bagiku yang Kalibiru, seger minta ampun kalau datangnya pas pagi hari.

    ReplyDelete
  2. baru ke malioboro sich kalo pas ke jogja, noted nih, tempat wisata yang asyik di jogja,

    ReplyDelete
  3. Dari semua yang udah baru tamansari hahahaha makasih infonya kak. Main pasir rasanya seru itu

    ReplyDelete
  4. Ini jogja kalau di eksplor gitu kayak berasa jalan2 di luar negri ya aku jadi pengen kesana deh jadinya

    ReplyDelete
  5. Daku pernah lihat ini di tivi tentang asiknya main Sand Boarding. Cuma ya gitu harus tahan jatuh bangun, eaaa. Dan suka banget itu foto kedua karena awannya keren

    ReplyDelete
  6. Destinasi seru nih. Terakhir ke Jogja itu ke keraton, malioboro, sama makan kucingan. Semoga next time bisa kesini

    ReplyDelete
  7. Wah saya penasaran sama gumuk parangkusmo dan pemandangan alam kalibaru. Pasirnya cakep bangeeet. Dan mau coba sore hari krn romantis. Kalau di Kalibaru mau uji adrenalin duduk diketinggiam gitu.

    ReplyDelete
  8. Belum pernah ke Yogyakarta sama sekali. Baca tulisan ini jadi semakin oengen datang dan wisata ke Yogyakarta, seminggu kalau perlu. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Waw baru lihat nih bisa main sand boarding, beberapa tempat ini memang sering saya lewatkan kalau ke Jogja, semoga next berkesempatan mampir

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah list destinasi nya sudah saya kunjungi semua ka'
    Yogyakarta itu memang menawan dengan tempat-tempat nya yang apic
    Selalu mengusik rindu untuk lagi kembali

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel