Bukit Bejagan Jepara - Medan Menantang Harus Kamu Lalui untuk Menuju Kesini

Bukit bejagan, udah pernah denger lokasi ini? atau bahkan udah pernah ke sana?

Buat sobat yang belum tau, bukit bejagan adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di kabupaten jepara, tepatnya di desa tempur kecamatan keling jepara.




Tempat ini cocok banget buat sobat dan pasangan (kalo punya) yang lagi pengen ngerasain udara segar dan pemandangan indah yang menenangkan.


Lokasinya yang berada di deretan perbukitan, membuat bukit bejagan ini punya pemandangan alam yang cakep banget (kayak pacar temen).


Lebih lengkapnya bisa sobat baca Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jalan Menuju Bukit Bejagan Jepara


Dari atas bukit juga terlihat pemukiman yang lokasinya berada diantara bukit dan beberapa lahan persawahan milik warga setempat.


Tapi nih, ada tapinya!


Buat sobat yang pengen menikmati suasana di bukit bejagan, harus ada sedikit usaha untuk bisa sampai disana.


Usaha? usaha apa?

Jualan kripik? rentas ps? atau apa?

Bukan, bukan usaha yang itu. tapi usaha biar bisa sampai di bukit bejagan melewati jalannya yang istimewa.


Jalan Menuju Bukit Bejagan


Menuju desa tempur sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama jika sobat dari pusat kota jepara, bukit bejagan ini termasuk di salah satu wisata yang ada di desa wisata tempur. sekitar 15-20 menit dari ikon Tempur Village.


Dari situ sobat tinggal menyusuri jalan pedesaan dan nantinya akan ada penunjuk jalan menuju bukit bejagan.


Tantangan pertama, sobat harus melewati tanjakan yang cukup curam dengan tikungan yang cukup tajam pula. jalan ini seperti dibuat berada di sisi bukit, jadi akan ada jurang di salah satu sisi jalan yang sobat lalui.


Sobat dihimbau membunyikan klakson di setiap tikungan, bukan buat permisi sama penunggu bukit ya, tapi buat penanda kalau saja ada orang juga dari arah yang berlawanan.


Jika tantangan pertama sudah terlewati, sobat akan sampai di pintu gerbang pendataan data diri oleh petugas (kayaknya si pemuda sana) yang berjaga. Ini bukan loket ya, cuma sekedar pendataan dan tidak bayar.


Setelah itu sobat bisa melanjutkan perjalanan sampai pada ujung perkampungan, dan ini ujian kedua buat anda dan motor anda. wkwk


Jalan berbatu mau nggak mau harus sobat lewati jika ingin sampai ke bukit bejagan, saya rasa ini bagian paling menantang dan bikin pegel tangan.


Bebatuan yang sama sekali tidak ditata dan menggeletak apa adanya membuat sobat harus pinter-pinter milih mau lewat sisi yang mana.


Apalagi kalo kebetulan kondisi cuaca sedang nggak baik entah setelah hujan atau bahkan sedang hujan, jalananan akan semakin licin dan sobat harus extra hati-hati.


Eits, tidak hanya itu loh.


Godaan lain sepanjang perjalanan ini adalah pemandangan di alam perbukitan yang berada di sisi jalan membuat sobat harus fokus pada jalanan.


Butuh waktu sekitar lima menit atau mungkin lebih untuk melewati jalan berbaru ini, dan setelah itu sobat akan sampai di lokasi bukit bejagan.


Puas-puasin deh tuh nikmatin pemandangan disana mengingat perjalanan jauh dan extreme yang sudah ditempuh.


Beberapa Spot Foto di Bukit Bejagan


Buat sobat penikmat alam dan senja senji, mungkin akan benar-benar bisa menemukan kedamaian di bukit bejagan ini, tapi buat sobat selfie seperti saya ini yang apa aja difoto, tujuan lain mengunjungi suatu tempat adalah biar punya stok foto buat di upload di media sosial.


Terdapat beberapa spot foto keren yang bisa sobat temukan di bukit bejagan ini, gimana jelasinnya tempat fotonya ya, mending sobat lihat fotonya dibawah ini aja deh. wkwk



Ini cuma salah satu spot

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berfoto di Bukit Bejagan


Sebagian besar spot foto di bukit beagan dibuat berada di pinggir tebing, dan disitu tidak ada pengaman seperti tali yang bisa menahan badan sobat ketika terjadi sesuatu (jangan sampe dah).


Jadi, demi kenyamanan dan keselamatan sobat dan pengunjung lain. sobat dihimbau untuk berhati-hati dan menaati semua peraturan yang ada disana.

nih orang bego malah tiduran

Jangan membahayakan diri sobat hanya karena ingin terlihat keren di foto (yang lihat sebenernya juga nggak peduli), perhatikan beberapa hal berikut saat berfoto :



  • Ikuti aturan disetiap spot foto (contoh: maksimal 5 orang)
  • Jaga barang bawaan anda agar tidak terjatuh ke jurang
  • Jangan berada terlalu ke pinggir spot foto
  • Jangan melompat-lompat (apalagi berpesta) di spot foto
  • Berfotolah secukupnya (gantian sama yang laen)
  • dan jangan merusak 
Jangan terlalu asik berfoto sampai lupa menikmati suasana ya!

Puas berfoto, sobat pasti bakal pulang dong? masa iya tidur disana (kecuali camping).


Nah, jalan menuju pulang adalah jalan yang sama seperti yang anda lewati ketika berangkat. bedanya kalo berangkat jalannya nanjak, kalo pulang jalannya menurun.


Meskipun perjalanan akan terasa lebih cepat, namun sobat harus sangat berhati-hati ketika melewati jalan menurun disini (pelan-pelan aja jangan ngebut). apalagi buat sobat yang menggunakan kendaraan matic.


Piringan cakram kendaraan sobat akan cepat panas karena menahan beban di turunan yang cukup panjang (jangan sepelein hal ini ya). ketika memang dirasa perlu, berhentilah di beberapa titik yang  sudah disediakan drum berisi air untuk mendinginkan piringan cakram motor sobat.


Karena ketika piringan tersebut terlalu panas, rem kendaraan anda tidak akan berfungsi atau blong (saya sudah pernah ngalamin sendiri), dan itu sangat berbahaya.


Beberapa Hal Penting yang Harus diperhatikan


Sebelum memutuskan berkunjung ke bukit bejagan, alangkah baiknya sobat mengecek beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar perjalanan lebih nyaman dan bisa menikmati tempat wisata dengan nyaman.


Hal sekecil apapun akan bisa sangat mempengaruhi perjalanan sobat, jadi persiapkan dengan baik.


1. Lihat Rute yang Akan dilalui


Jika mungkin sobat berasal dari luar kota jepara, alangkah baiknya sobat mencari rute terbaik menuju desa tempur.


Selain akan mengefektifkan waktu perjalanan sobat, menentukan rute juga akan memberikan arah yang jelas menuju lokasi (biar nggak nyasar).


2. Persiapkan Barang Bawaan


Hal kedua yang perlu sobat perhatikan adalah barang bawaan. pilih barang-barang seperlunya saja yang bisa dibawa dan akan bermanfaat seperti jas hujan dan powerbank.


Jangan sampai membawa barang-barang yang tidak perlu bahkan justru akan menyusahkan sobat. selain itu terlalu banyak membawa barang nggak penting akan menambah beban hidup sobat. wkwk


3. Periksa Kondisi Kendaraan


Ini juga salah satu hal paling penting yang harus sobat lakukan, mengingat medan menuju bukit bejagan penuh dengan jalanan yang menantang. pastikan kendaraan yang sobat gunakan dalam kondisi baik.


Pastikan kendaraan sobat kuat menanjak dan rem-nya juga dalam kondisi baik.


3. Periksa Isi Dompet


Sebenernya ini sih yang paling penting, kecuali kalo kalian kesana jalan kaki. wkwk


Meskipun tiket masuknya sangat murah, namun dana buat beli bensin dan beliin jajan pacar sobat juga perlu dipersiapkan.


Penutup


Apa yang saya ceritakan diatas berdasarkan apa yang bisa saya amati ketika beberapa minggu yang lalu berkunjung ke bukit bejagan. jika sobat punya saran lain silahkan disampaikan.


Nikmatilah setiap perjalanan yang sobat lakukan karena tujuan utamanya adalah membahagiakan diri sendiri, bukan orang lain.


Terima kasih.

37 Responses to "Bukit Bejagan Jepara - Medan Menantang Harus Kamu Lalui untuk Menuju Kesini"

  1. Ya ampun tempatnya bagusss banget! Bakal terbayar banget 20 menit perjalanan, kalo bisa lihat view (dan pefotoan pastinya) di tempat seindah itu. Eh iya, aku sepakat sih, seindah apa pun tempat yang didatangi, jangan terlalu khusuk mencari konten, sampai akhirnya lupa menikmati suasana 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kita kesana kan muan nyenengin diri sendiri bukan nyenengin orang lain

      Delete
  2. foto di rumah kayu itu the best, bagaikan rumah di atas awan. Tapi bagi yang takut ketinggain ini kayaknya agak ekstrim heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak ngeri juga kalo buat yang taut ketinggian kak

      Delete
  3. Foto yang dijembatan aq kalo foto disitu deg2 ser ga yah? Hahaha tapi bagus banget view pemandangannya

    ReplyDelete
  4. Aku selalu jatuh cinta pada destinasi wisata alam yang alami seperti ini. Soal medan menuju lokasi masih kurang tertata, ya namanya juga wisata murah meriah, ya. Jepara ini kan dekat sama Demak, ya? Kalau nanti berkunjung ke rumah saudara di sana, mau ah minta diajakin kemari, hihihi ...

    Oiya, ada penjual makanan gitu nggak sih di sekitar sana? Kalau sudah sampai sana, selain foto-foto, enaknya kan duduk menikmati pemandangan alam sekitar sambil makan. Eh bener gitu kan, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberpa warung kecil sih disana, jadi lumayan bisa nikmatin suasana sambil makan atau minum kopi

      Delete
  5. medan yg menantang setimpal dengan foto yg kece badai...jd pengen ke sana jg kapan2

    ReplyDelete
  6. Ternyata cukup amazing juga tantangan yang harus dilalui supaya bisa sampai ke spot tersebut. Ya emang sih, semuanya bakal terbayar dengan viewnya. Rekomended memang buat rang orang yang menyukai alam bebas tapi tetap instagramable hehe

    ReplyDelete
  7. Betul, jangan terlalu nge-pas kalo bawa uang, lebihkan sedikit untuk dana tak terduga atau jajan. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada akhirnya pusing dan malah nggak nikmatin liburannya kan ya

      Delete
  8. Gogoleran syantiik...syantiik~
    Memang penting banget bawa uang cash, karena di Bejagan gak berlaku OVO yang ada cashbacknya, hihii ((krriikkriik~))

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, indah banget sungguh demi apapun pengin ke bukit bejagan juga :D ngakak ih baca captionnya yang ni orang malah tiduran wkwkkw receh abis XD namun ke sini tentunya harus persiapkan kendaraan sama fisik ya, biar ngga zonk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi kendaraan sama kondisi kesehatan paling utama,

      Delete
  10. Gpp aku mah berjuang 20 menit untuk sampai ke tempat yg bagus begini. Uwwww...Masya Alloh. Cuma sayangnya ga mungkin bisa bawa anak ya, serem banget bayangin jurangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anaknya dah gede suruh bawa motor sendiri, wkwk

      Delete
  11. nah itu dia, sekarang karena mikir konten jadi seringnya asyik foto2an daripada menikmati suasana..jadi pengen piknik nih

    ReplyDelete
  12. Waah keren banget nih buat traveling. Bukit Bejagan harus masuk list buat dikunjungi nih kalau lagi main ke Jepara.

    ReplyDelete
  13. Asik banget ya kalau kesana bareng keluarga, pasti seru banget. Spot fotonya di pinggir tebing, mesti hati2 banget ya mbak, saya yg liatnya aja ngeri2 sedap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih disaranin pake motor sih daripada pake mobil, soalnya alurnya sempir

      Delete
  14. Wahh seru banget ya ternyata.. kudu nyobain nihh

    ReplyDelete
  15. Baru tahu ada yang namanya bukit bejagan dari postingan ini. Maklum ya, injak Jepara aja saya belum pernah soalnya hehe. Btw view fotonya keren-keren apalagi suasananya kelihatan sejuk banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. adem banget udaranya disana, apalagi pas mendung

      Delete
  16. Tempatnya bagus..
    Pasti udaranya sejuk ya..
    Cocok buat bersantai

    ReplyDelete
  17. Wah bagus banget ya pemandangan di Bukit Bejagan Jepara ini. Bisa jadi spot foto yang instagramable banget dan bisa dapat engagement juga dari pecinta traveling kalau bisa bikin foto-foto keren seperti punya Mas Aji.

    ReplyDelete
  18. Duh senangnya menghirup udara segar di bukit bejangan... Apalagi dari photonya nampaknya menikmati sekali me timenya

    ReplyDelete
  19. Spot fotonya kece banget. Jelas banget udara di situ masih sejuk, asri, belum terkontaminasi dg polusi. Tapi menuju ke situ perlu persiapan matang juga. Bukan sekedar uang atau bekal, tapi fisik mesti kuat nih. Aku jadi rindu berpetualangan.

    ReplyDelete
  20. Ini jembatannya keren banget, jadi ingin ke Jepara deeh. Gokil bentuknya

    ReplyDelete
  21. Waah di Jepara ada tempat sekece ini ya, baru tahu. Catat dulu aaah, semoga kapan-kapan bisa berkunjung ke sini.

    ReplyDelete
  22. Pengennya bisa ke Jepara supaya bisa ikut menikmati dan merasakan keindahan alamnya serta segarnya udara bebas polusi.. Tapi untuk bisa sampai ke tempat ini cukup menantang juga ya perjalanannya kak..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel