Dusun Semilir - Cerita pengalaman Berkunjung ke Wisata Kekinian


Dusun semilir merupakan obyek wisata baru yang berada di kabupaten semarang. dibuka pertama kali pada awal tahun 2019, dusun semilir langsung diserbu banyak pengunjung yang penasaran dengan isi dari bangunan berbentuk kubah  tersebut.

Sebelumnya saya sudah menulis tentang apa saja fasilitas apa saja yang ada di dusun semilir, harga tiket masuk, serta rute menuju obyek wisata dusun semilir. Jika belum membacanya silahkan klik disini

Saya penasaran karena hanya bisa melihat tampak luar bangunan serta foto dusun semilir di media sosial, akhirnya minggu ini saya mempunyai kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata ini bersama salah seorang teman. saya akan menceritakan pengalaman saya mengunjungi dusun semilir eco park.

Karena ini pertama kalinya saya datang ke dusun semilir, ketika sudah masuk di area dusun semilir saya sempat bingung mencari tempat parkir sepeda motor karena posisinya tidak terlihat dan saya tidak menyadari kalau ada petunjuk menuju tempat parkir, lokasi parkir sepeda motor berada di sebelah kiri gedung, sedangkan untuk mobil bisa parkir di bagian depan gedung.

Setelah memarkirkan sepeda motor kemudian saya menuju loby melalui pintu masuk di bagian depan gedung utama untuk membeli tiket masuk, posisi loket berada di sebelah kiri ketika kalian masuk ke dalam gedung.


Berdasarkan informasi yang saya baca dari beberapa sumber, awal dibuka dusun semilir menerapkan tarif sebesar Rp.5000/orang. mungkin seiring berjalannya waktu pengunjung mulai semakin ramai dan dusun semilir semakin dikenal. waktu saya kesini pada awal bulan september tiken masuk dusun semilir menjadi Rp.10.000/orang.

Tapi, ketika kamu membeli tiket, mbaknya yang menjaga loket akan menginformasikan bahwa kita harus melakukan Top Up saldo kartu dusun semilir minimal Rp.50.000 yang nantinya saldo tersebut bisa digunakan untuk berbelanja di dalam area dusun semilir. karena perlu diketahui bahwa pembayaran untuk membeli sesuatu dari dusun semilir tidak bisa dilakukan secara tunai. Uang 50.000 tersebut dikurangi biaya tiket masuk 2 orang, maka sisa saldo yang ada di kartu saya masih Rp.30.000.

jika kesini sudah punya niat untuk berbenlanja segala pernak pernik ataupun oleh oleh yang ada di dusun semilir, alangkah mudahnya jika kalian sekalian Top Up lebih banyak. Jangan khawatir, karena nantinya jika saldo anda masih banyak dan tidak digunakan maka bisa di refund.

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika kekurangan saldo kartu dusun semilir, kamu bisa melakukan Top Up saldo di loket yang telah di sediakan di beberapa titik yang ada di area dusun semilir.


Saya lanjut lagi ya, Setelah membeli tiket kemudian saya masuk ke area dimana di persis di tengah tempat tersebut terdapat sebuah pohon besar yang sudah dipotong setengah bagian keatas. spot pohon besar ini mendaji salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Dibagian kanan pohon terdapat area berbelanja oleh - oleh berupa makanan dan minuman sedangkan di sebelah kiri pohon terdapat area penjualan souvenir dan juga barang barang lain seperti kaos, batik, hiasan dinding serta beberapa perlengkapan rumah lain yang bentuknya unik - unik.

Jika kamu suka foto - foto, di area ini banyak sekali tempat yang bisa kalian jadikan spot foto, tinggal pintar - pintar kalian saja untuk melihat posisi dan angel pengambilan foto agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini merupakan beberapa hasil foto saya ketika berada di area gedung utamanya :




Setelah puas berfoto di area dalam gedung, saya menuju lokasi yang sering saya lihat di media sosial yaitu terowongan bambu, terowongan ini jaraknya cukup lumayan dan juga posisinya agak menurun. cukup bikin kaki pegel jika naik turun sampe ujung terowongan.

Terowongan inilah yang menurut saya juga menjadi salah satu yang menarik perhatian wisatawan atau pengunjung datang ke dusun semilir. terowongan ini beratapkan bambau yang dianyam sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah atap yang menurut saya menjadikan tempat ini semakin unik dan menarik.

Sepanjang terowongan bambu ini banyak berjajar penjual makanan ringan dan juga jajanan - jajanan yang bisa kemau beli sambil menikmati jalan - jalan di dusun semilir. jika lelah, banyak juga terdapat bangku dan meja yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat istirahat


Tidak hanya itu, masih ada banyak lagi spot foto yang katanya instagramable banget di dusun semilir ini, seperti sepot foto patung besar yang letaknya berada di bagian bawah terowongan bambu ini, namun sepertinya untuk menuju ke patung besar ini dikenakan biaya tambahan dan ada pintu masuk khusus menuju area tersebut.

Lebih elasnya saya sendiri lupa untuk bertanya kepada petugas yang berada disana, jika kalian ada yang tahu atau pernah berfoto di arean tersebut boleh kasih tahu saya melalui kolom komentar.


Karena saya merasa sudah cukup lelah dan pegel di kaki setelah berkeliling di area dusun semilir yang cukup luas ini, saya memutuskan untuk membeli sedikit makanan kemudian pulang.

Saya merasa beruntung ketika berkunjung ke dusun semilir, kenapa? karena meskipun saya berkunjung pas weekend, kebetulan sekali tempat ini masih lumayan sepi. jadi, saya bisa puas berkeliling dan mendapatkan banyak spot foto tanpa takut ada yang bocor orang masuk kedalam foto.

Entah itu kebetulan saya atau gimana juga kurang tahu, tapi saran saya jika kamu berkunjung ke dusun semilir usahakan agak lebih pagi karena mungkin belum banyak pengunjung yang datang. 

Over all, tempat ini sangat recomended masuk list tempat wisata yang harus kalian kunjungi, apalagi buat kalian yang hobi foto atau belanja perlengkapan rumah yang unik disini tersedia cukup lengkap.

oh iya, keluar dari lokasi dusun semilir kalian perlu membayar parkir sebesar Rp.2000 untuk sepeda motor, Rp.5000 untuk mobil, dan Rp.20.000 untuk bus.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Dusun Semilir - Cerita pengalaman Berkunjung ke Wisata Kekinian "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel