Alur Permohonan Paspor Tidak Sesulit yang Dibayangkan



Buat kalian yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri baik itu perjalanan umroh, haji atau sekedar liburan ke luar negeri, paspor menjadi salah satu dokumen yang wajib kalian miliki..

Paspor sendiri merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Banyak yang bilang mengurus paspor itu susah, mengurus paspor itu ribet dan lain sebagainya. Bagi saya semua itu relatif, jika persyaratan yang digunakan untuk permohonan paspor lengkap dan sesuai, saya rasa semua akan berjalan dengan lancar.

Berikut adalah tahapan yang harus di lalui dalam permohonan paspor:


 1. Mengambil nomor antrian online

Sebelum datang langsung ke kantor imigrasi terdekat dengan wilayah anda, yang pertama dilakukan adalah mengambil nomor antrian secara online melalui aplikasi antrian paspor online atau website antrian paspor online

Silahkan melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan mengisi data - data yang tersedia secara benar sesuai data yang anda miliki setelah itu anda baru bisa mendapatkan nomor antrian online.

Untuk langah - langkah mendaftar akun antrian online silahkan Klik Disini

2. Datang ke kantor imigrasi 

Selanjutnya anda bisa datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah dipilih di aplikasi antrian online dengan membawa persyaratan lengkap yang diperlukan

Syarat permohonan paspor baru silahkan Klik Disini

3. Mengisi data

Setelah sampai di kantor imigrasi, anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian kembali oleh petugas serta akan diberikan formulir yang berisi data untuk permohonan paspor.

4. Tunggu

Setelah data diisi dengan lengkap sesuai dan sebenar - benarnya, selanjutnya anda tinggal menunggu nomor antrian yang sudah anda dapatkan sebelumnya. 

Silahkan cek kembali persyaratan yang diperlukan agar permohonan paspor bisa dilakukan dengan lancar.

5. Giliran anda

Ketika sampai pada giliran nomor antrian anda dipanggil, silahkan serahkan persyaratan yang telah anda bawa untuk kemudian di cek oleh petugas loket pengecekan.

Petugas loket biasanya akan bertanya kemanakah tujuan anda menggunakan paspor tersebut, Setelah data selesai di cek dan dinyatakan lengkap maka anda akan diberikan nomor antrian oleh petugas untuk tahap pengambilan foto.

6. Pengambilan foto

Anda harus menunggu nomor antrian anda dipanggil terlebih dahulu, apabila sudah giliran anda, selanjutnya adalah tahap pengambilan foto yang dilakukan oleh petugas imigrasi.

7. Pembayaran

Setelah dari tahap pengambilan foto, anda akan diberikan secarik kertas berisi biaya yang anda harus bayarkan untuk permohonan paspor tersebut, silahkan lakukan pembayaran di pos yang sudah tersedia di sekitar kantor imigrasi.

kertas tersebut sepertinya sebagai bukti pengambilan paspor nantinya, disiti tertera estimasi berapa hari paspor anda jadi bisa diambil

8. Pengambilan

Silahkan datang untuk mengambil paspor anda pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak imigrasi.

Penting!

1. Pastikan sudah mengambil antrian online
2. Pastikan data yang anda miliki sesuai dan sama antar data satu dengan data lain (KTP, AKTA/IJAZAH, KK)
3. Jika bingung atau tidak tahu silahkan bertanya kepada petugas yang berjaga.
4. ikuti arahan petugas

Catatan: Selama anda mengikuti arahan dan ketentuan, proses permohonan paspor akan berjalan lancar

0 Response to "Alur Permohonan Paspor Tidak Sesulit yang Dibayangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel