Harapan Baru untuk Ibu Kota Baru


Madanesia.com - Jakarta tak lagi mampu menampung semua ambisi dan keinginan masyarakat Indonesia. Kota yang dulunya dipuji dan dibangga, kini penuh sesak dengan kepentingan yang saling bersikutan. 

Kemacetan di sebagian besar jalan, kondisi udara yang penuh polusi dan mengancam kesehatan, serta masalah sampah yang sangat sulit dikendalikan menjadi gambaran bahwa kondisi ibu kota kita tercinta sekarang ini sedang tidak baik - baik saja.


Belum lagi banjir di berbagai daerah yang bisa dibilang sudah menjadi kawan sekaligus lawan ketika datang musim penghujan. Tanah lapang dan hijaunya pepohonan sebagai daerah resapan juga semakin sulit ditemukan. kalaupun ada, jumlahnya dirasa sudah tidak sebanding dengan luas dan padatnya kota Jakarta. 

Lihat saja, sejauh mata memandang bukan kenyamanan yang kita saksikan, melainkan pemandangan khas perkotaan dengan orang yang saling serobot di jalan serta deretan gedung pencakar langit yang seperti saling menunjukkan kegagahan.


Kenyamanan setiap orang memang sukar kita seragamkan, karena belum tentu sama antara satu dengan yang lainnya. Bisa saja ada orang yang nyaman dengan kondisi Jakarta yang sekarang, entah karena memang benar - benar nyaman atau hanya karena keterpaksaan. Tapi, tidak sedikit pula yang mulai merasa lelah harus tinggal dan bertahan di kota ini.

Meskipun begitu, Jakarta tak melulu soal permasalahan. Banyak sekali tempat, sejarah, dan prestasi yang patut kita kenang dan kita banggakan sebagai sebuah pencapaian.


Isu mengenai pemindahan ibu kota ke luar pulau jawa sedang santer diperbincangkan. Melihat apa yang dialami Jakarta saat ini, pemindahan ibu kota sepertinya menjadi langkah yang cukup logis untuk dilakukan.

Permasalahan yang kita saksikan dilapangan hanya menjadi sebagian dari sekian banyak alasan yang kita ketahui. Diluar itu, pemerintah tentunya sudah memiliki rencana dan pertimbangan yang matang untuk melakukan langkah besar ini.


Perihal kapan dan dimana ibu kota akan berpindah, tentunya menjadi rencana rumit dan panjang yang akan kita semua ketahui ketika sudah tiba waktunya. karena pemindahan ibu kota tidak semudah seperti membangunkan seorang anak yang jatuh untuk kembali berdiri.

Ada waktu yang harus dikorbankan, tenaga yang harus dikerahkan, dan dana yang harus dikucurkan demi terlaksananya rencana ini. karena diperkirakan pemindahan ibu kota membutuhkan dana yang cukup fantastis jumlahnya. 

Seperti yang disampaikan Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro, dikutip dari Detik.com bahwa perkiraan dana yang dibutuhkan untuk pemindaahan ibu kota mencapai Rp.466 triliun. 


Jika benar pada saatnya nanti ibu kota akan berpindah, Masyarakat indonesia tentunya punya harapan dan keinginan besar pada sang calon ibu kota. Tidak hanya sekedar berpindah kota dan justru menimbulkan beban dan permasalahan baru pada kota yang semula baik - baik saja.

Semoga kelak ibu kota baru bisa memberikan daya tarik baru untuk Indonesia,

Semoga ibu kota baru nantinya ramah bagi siapa saja, tidak lagi ramai dihantui ancaman kriminalitas yang bisa menimpa siapa saja,

Semoga kota manapun yang dipilih jadi ibu kota baru nantinya, dapat memberikan kenyamanan bagi siapapun yang mengunjunginya, bukan justru menjadi tempat mengadu nasib para perantau yang tidak tahu akan berbuat apa,

Permasalahan yang ada pada ibu kota sekarang ini, semoga saja tidak ikut berpindah pada ibu kota baru nantinya,

Semoga kondisi kota yang akan menjadi ibu kota baru esok, tidak dirusak oleh perbedaaan kepentingan yang saling berjelalan,

dan harapan sekaligus do'a paling sederhana,
semoga ibu pertiwi tetap berjaya dimanapun ibu kotanya berada.


Facebook : Kementrian PPN/Bappenas
Instagram : @BappenasRI
Twitter : @BappenasRI
Youtube : @BappenasRI
Website : www.bappenas.go.id 
#Bappenas #ibukotabaru

1 Response to "Harapan Baru untuk Ibu Kota Baru "

  1. Semoga dapat terealisasi sesuai rencana dan masalah di tempat sebelumnya teratasi juga ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel