Fokus! Satu Kata Sederhana Tapi Susah Menerapkannya


Pernah nggak sih kalian ngerasa bisa melakukan banyak hal dan yakin semuanya bisa tercapai dengan baik? mada yakin kalian pasti pernah merasaka apa yang mada rasakan ini, susah banget rasanya buat tekun mengerjakan satu hal selama periode waktu tertentu dengan tidak mengindahkan keinginan - keinginan lain yang datang dengan tiba - tiba.

Keinginan melakukan banyak hal tersebut muncul terkadang karena tergiur keindahan sesaat saja, misalkan janji pendapatan yang melimpah, pekerjaan yang bisa mudah dilakukan dimana saja, tapi nyatanya semua itu cuma strategi yang dilakukan orang orang agara bisa menarik perhatian kita untuk masuk kedalamnya. 

Contohnya saja ketika kalian menjadi conten cretor di youtube, belum sampai menghasilkan tiba - tiba di timeline facebook ada temen yang membagikan screenshoot penghasilan dari blog, secara spontan kalian pasti tergiur dan langsung menghubungi temen tersebut untuk bertanya dan mencoba belajar dan akhirnya mencoba belajar, gabung grup - grup facebook seputar dunia blog. tidak lama ketika masih belajar dan sedikit menghasilkan, di timeline grup ada yang membagikan screenshoot penghasilan dari berjualan aplikasi android, spontan tergiur juga dengan kata - kata manis yang ditulis dan muncul keinginan untuk mempelajarinya. nah, hal - hal seperti inilah yang membuat fokus kita terpecah dan menghambat keberhasilan kita dalam satu hal. akan banyak ilmu baru yang bermunculan secara terus menerus yang membuat fokus kita akan terus terganggu. 
Pikiran - pikiran untuk belajar hal baru akan terus muncul apalagi dilengkapi dengan janji manis yang ditawarkan, inilah yang sebenarnya harus kita hindari, dalam belajar sesuatu kita harus tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan kita di awal. jika belum benar - benar menguasainya, kesampingkan dulu keinginan baru yang muncul dan mulai menggoda karena itu akan mengganggu fokus kita. kalau mudah tergiur dengan ha hal baru yang bermunculan semua hal yang kita lakukan hanya akan jadi sekedar coba - coba. selamanya akan begitu. 

Memang benar tidak ada salahnya untuk belajar banyak ilmu, tapi daripada belajar banyak ilmu tapi hanya sebatas tau di permukaannya saja tanpa tau lebih dalam, alangkah lebih baiknya belajar sedikit ilmu tapi secara mendalam dan menyeluruh.
Mada akan cerita pengalaman pribadi mada, tahun 2015 akhir ketika jaman mada masih awal - awal kuliah, ada mata kuliah technopreneur yang akhirnya menjerumuskan mada ke dunia internet marketing, publisher dan semacamnya, dosen yang mengajar mata kuliah tersebut membuka kelas diluar jam kuliah kepada mahasiswanya yang berniat untuk belajar mencari uang lewat internet utamanya dari Youtube, saat itu peraturan youtube masih belum terlalu ketat. 

Mada sempat punya satu channel youtube yang membahas tentang review yang alhamdulillahnya bisa di monetize pada waktu itu, setiap bulan ada penghasilan yang masuk ke akun adsense mada, yaa meskipun nggak banyak, setahun berjalan akhirnya mada bisa mencapai batas pembayaran yang telah di tetapkan oleh google sekitar $100, nah selang sebulan setelah itu youtube melakukan update peraturan minimal 10.000 jam tayang. karena belum memenuhi syarat tersebut channel saya akhirnya terkena dismonetize oleh youtube. saya sudah ikhlas.. wkwk

Setelah ikhlas menerima tapi tetap berusaha membangun channel tersebut agar bisa memenuhi persyaratan 10.000 jam tayang, dosen saya mengajarkan hal baru lagi yaitu fb ads to adsense, mencari berita yang bagus dan ditulis di blog kemudian di iklankan di facebook. selama beberapa bulan mencoba belajar, akhirnya bisa menghasilkan juga. sejak itu ada penghasilan rutin dari blog adsense yang saya miliki. 

Belum lama peraturan 10.000 jam tayang diterapkan, youtube kembali update peraturannya yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. pukulan banget kalo ini sih, niat buat kembali bangun channel yang tadinya kena dismonetize jadi seketika sirna dan memutuskan menyerah. sejak itu mada memutuskan untuk fokus di blog, ada masa dimana fb ads to adsense mengalami kendala, akun facebook berkali kali terkena ceck point, AME yang membuat akun tidak bisa dipakai beriklan. ditambah lagi akun adsense kena banned tanpa tahu alasannya. dan pastinya ada pikiran untun berpaling ke cara lain selain fb ads to adsense. 

Mada juga sempat gabung beberapa kelas online berkaitan dengan fb ads to adsense, youtube, bahkan mada juga pernah ikut kelas android yang sama sekali tidak mada mengerti. harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah dan nyatanya semua belum ada yang benar - benar mada kuasai secara sempurna. fokus melakukan satu hal sampai bener - bener dikuasai dan berhasil bukanlah hal yang mudah, seperti halnya melakukan hal yang sama secara terus menerus yang menimbulkan kebosanan. tidak mudah memang, tapi sesuatu yang dicapai dengan susah payah dan konsisten akan memberikan hasil yang baik pula.

belajar fokus melakukan satu hal dengan konsisten sampai benar - benar berhasil.
see you!


0 Response to "Fokus! Satu Kata Sederhana Tapi Susah Menerapkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel